Phone : 021-6241030 / 6241033

Hotel Jayakarta Lt. 21, Jalan Hayam Wuruk No. 126 - Jakarta 11180

Laporan Direktur

Pemegang Saham yang kami hormati,

 

Puji syukur kami panjakatkan kepada Allah Bapa di Surga karena atas kasih karuniaNya serta bimbinganNya, Perseroan mampu melewati berbagai tantangan bisnis dan menutup tahun 2015 dengan baik.
Perlambatan pertumbuhan ekonomi global, khususnya di China, menjadi salah satu factor utama pemicu perlambatan ekonomi Indonesia pada semester pertama 2015. Kondisi ini diperparah dengan laju suku bunga yang tinggi, pelemahan daya beli masyarakat, serta devaluasi Rupiah terhadap Dollar AS.

 

Seperti diketahui sepanjang kuartal I dan II tahun 2015, Rupiah nyaris menembus nominal Rp. 15 ribu. Badan Pusat Statistik mencatat pertumbuhan ekonomi pada kuartal I 2015 adalah sebesar 4,71%, triwulan II 4,67% dan triwulan III 4,73%.

 

Pemerintah sendiri sebenarnya telah melakukan beberapa langkah terkait kondisi perekonomian nasional. Di bidang property langkah yang dilakukan adalah dengan mengeluarkan paket kebijakan ekonomi yang mengacu pada 3 hal yaitu : meningkatkan daya saing industry, mempercepat proyek proyek strategis nasional serta meningkatkan investasi di bidang property yang bertujuan untuk mendorong pembangunan perumahan khususnya untuk masyarakat berpenghasilan rendah serta membuka peluang investasi yang lebih besar di sektor property.

 

KINERJA PERSEROAN DI TAHUN 2015

 

Di tengah situasi perekonomian Indonesia yang mengalami perlambatan sejak kuartal I 2015, Perseroan mampu menunjukkaan kinerja usaha yang cukup memuaskan. Perseroan mengalami peningkatan dalam Pendapatan Usaha dari Rp. 84,60 miliar ditahun 2014 menjadi Rp. 136,48 miliar ditahun 2015 atau meningkat sebesar 61.32%. Hal ini disebabkan oleh meningkatnya penjualan Apartemen Azalea Suites Green Palace Residence Cikarang sebesar 370.50% dari Rp. 13,05 miliar di tahun 2014 menjadi Rp. 61,40 miliar ditahun 2015 serta Peningkatan Pendapatan Hotel sebesar 8.30% dari Rp. 49,90 miliar di tahun 2014 menjadi Rp. 54,04 miliar di tahun 2015. Disisi lain Pendapatan Sewa apartemen mengalami penurunan sebesar 2.86% dari Rp. 21,66 miliar ditahun 2014 menjadi Rp. 21,04 miliar ditahun 2015. Penurunan pendapatan sewa apartemen ini lebihdisebabkan oleh banyaknya perusahaan multi nasional yang lebih berhati hati dan menunda ekspansi mereka di Indonesia sambal menunggu stabilitas ekonomi. Hal ini tentu berpengaruh signifikan terhadap potensi sewa apartemen milik Perseroan mengingat target sewa adalah tenaga kerja asing khususnya sektor minyak yang banyak melakukan pengurangan tenaga kerja asing.

 

MENGHADAPI TANTANGAN USAHA

 

Untuk menyiasati permintaan yang turun akibat pelemahan ekonomi, Perseroan melakukan berbagai langkah seperti langkah penguatan internal yaitu menjaga arus kas serta mencari alternatif metode metode pembiayaan yang tidak memberatkan konsumen termasuk melakukan penundaan peluncuran proyek proyek baru dan memilih berkonsentrasi pada penyelesaian proyek yang masih berjalan. Perseroan juga memberikan berbagai insentif kepada konsumen seperti diskon dan bonus yang menarik bagi konsumen.

 

SDM SEBAGAI SALAH SATU ASSET PERSEROAN

 

Sumber Daya Manusia merupakan salah satu asset penting bagi Perseroan karena tanpa adanya SDM yang berkualitas, kegiatan operasional dan program pengembangan Perseroan tidak akan mencapai hasil yang maksimal.

 

Setiap tahun Perseroan selalu mengadakan evaluasi terhadap seluruh karyawan untuk meningkatkan kualitas karyawan serta evaluasi terhadap berbagai kebijakan yang terkait dengan SDM dan senantiasa berupaya untuk melakukan penyesuaian dan penyempurnaan.

 

Hal ini merupakan butki komitmen Perseroan yang memandang SDM sebagai salah satu asset penting bagi Perseroan

 

PENERAPAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE

 

Tata Kelola Perusahaan (Good Corporate Governance) merupakan hal penting yang menjadi perhatian Perseroan untuk terus disempur- nakan dalam pelaksanaannya. Perseroan selalu melakukan optimal- isasi dalam pelaksaan GCG dalam setiap kegiatan usahanya. Evaluasi terhadap pelaksanaan GCG disemua lini juga dilakukan secara berkala sehingga akan tercipta pengelolaan Perseroan yang efektif.

 

PELAKSANAAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR)

 

Tanggung Jawab Sosial (Corporate Social Responsibility) memiliki peranan penting dalam kegiatan Perseroan. Sebagai salah satu Perusahaan yang sangat peduli dengan kesejahteraan masyarakat, Perseroan telah bekerja sama dengan HOPE Worldwide, sebuah organisasi non pemerintah yang ada di 75 negara di dunia dan memiliki perwakilan di 15 propinsi di Indonesia untuk membawa harapan serta mengubah kehidupan masyarakat yang memerlukan bantuan dengan berkomitmen untuk menyumbangkan Rp. 2 juta/unit apartemen untuk setiap unit yang terjual di Azalea Suites, Green Palace Residence– Cikarang. Perseroan menggunakan tema “Help Us Help Indonesia, You Buy We Donate” untuk mendukung program pengembangan masyarakat, pendidikan, kesehatan, relawan serta aksi tanggap bencana di seluruh Indonesia.

 

PROYEKSI BISNIS TAHUN 2016

 

Pengamat property memperkirakan pada tahun 2016 pasar property diperkirakan akan terus berjalan dengan moderat dan stabil di paruh pertama 2016 dengan kecenderungan pemulihan di paruh selanjutnya.

 

Dengan kecenderungan ini, Perseroan akan terus focus untuk menyelesaikan proyek apartemen Azalea Suites – Green Palace Residence Cikarang yang telah memasuki tahap Tutup Atap pada tanggal 19 Maret 2016. Tahap Serah Terima Unit yang akan dimulai pada bulan Desember 2016 yang akan menjadikan apartemen ini menjadi yang pertama untuk melakukan serah terima di daerah Cikarang.

 

Perseroan juga berencana untuk mengembangkan proyek apartemen di daerah Denpasar, Bali pada tahun 2016 ini dengan tentunya melihat kondisi perekonomian Indoensia terlebih dahulu.

Untuk sektor Penyewaan serta Penjualan Rumah di daerah Serang, Perseroan akan terus berinovasi dengan memberikan insentif yang menarik bagi para calon penyewa maupun calon konsumen untuk perumahan di daerah Serang.

 

PENUTUP

 

Pada kesempatan ini, saya atas nama Direksi mengucapkan terima kasih yang sebesar besarnya kepada Dewan Komsaris atas bimbingan dan arahannya, kepada seluruh karyawan atas kerja keras dan loyalitasnya, kepada para mitra bisnis atas kerjasamanya yang telah terjalin selama ini serta kepada para Pemegang Saham atas kepercayaan dan dukungannya kepada Perseroan.

 

Semoga dengan bimbingan Allah Bapa di Surga, Perseroan akan terus memantapkan langkahnya untuk terus berkarya serta memberikan sumbangsinya dalam dunia property Indonesia.

 

Atas nama Direksi / On behalf of the Board of Directors

 

direktur prestige

Damian Pudjiadi, MBA
Direktur Utama / President Director

Bahasa